Tindak Lanjuti Program Kemensos RI, Dinsos Nganjuk Sambut Kedatangan Pejuang Muda

Tindak Lanjuti Program Kemensos RI, Dinsos Nganjuk Sambut Kedatangan Pejuang Muda
Foto dokumentasi Dinas Sosial Nganjuk ketika menyambut kedatangan pejuang muda

NGANJUK - Dalam upaya percepatan pengentasan masalah sosial di Indonesia, Kementerian Sosial RI yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi meluncurkan Program Pejuang Muda yang diperuntukkan bagi para Mahasiswa.

Melalui Program Pejuang Muda ini, Mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk terjun langsung mengaplikasikan ilmu pengetahuannya dan memberikan dampak sosial bagi masyarakat, serta berperan aktif sebagai agen perubahan sosial.

Menindaklanjuti program tersebut Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, menyambut kedatangan 20 mahasiswa dari berbagai universitas dan penjuru diantaranya dari Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Diponegoro Semarang,  Universitas Negeri Semarang, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Islam Kadiri - Kediri, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Universitas Jember, Universitas Bengkulu, bertempat di Desa Banaran Wetan, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur pada Selasa (02/11/2021).

Kedatangannya disambut Dinas Sosial (Dinsos) yang diwakili oleh koordinator Program Keluarga Harapan (PKH) Andik Majid Ibrahim dan didampingi para pejabat lingkup dinsos.

Pejuang Muda tersebut akan berada dalam Bumi Bersujud hingga bulan Desember 2021, guna melaksanakan identifikasi terkait Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Koordinator Pejuang Muda, Mukhlas Ubaidillah menyampaikan ada 20 orang mahasiswa semester 5 ke atas yang datang ke Nganjuk, yang diamanahi tugas oleh Kemensos RI terkait dengan verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang berasal dari Provinsi Jawa Timur.

"Untuk Kabupaten Nganjuk saat ini yang sudah keluar sekitar kurang lebih 1000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan sementara di 3 Desa wilayah Kecamatan Bagor, yakni Desa Banaran Kulon, Bagor Kulon, dan Balongrejo, " kata Mukhlas.

Mukhlas menambahkan bahwa tugas dibagi secara tim dan wilayah.

Senada dengan Indah Febriantika yang berasal dari Kabupaten Blora, Jawa Tengah mengatakan kami ditugaskan untuk memverifikasi dan validasi DTKS, bertujuan agar terverifikasi secara benar.

"Karena sementara data yang kami terima 1000 KPM jadi kami kan ada 20 orang mahasiswa jadi 1 orang mahasiswa langsung menangani verifikasi data 50 KPM, dan target kami sehari bisa menyelesaikan 20 data KPM, jadi mungkin target kami 3 hari selesai, " kata Indah.

Sementara itu, Kadinsos Nafhan Tohawi melalui koordinator PKH Andik Majid Ibrahim mengucapkan selamat datang untuk para mahasiswa yang mengikuti program Pejuang Muda di Nganjuk.

Andik memberikan gambaran kepada pejuang muda wilayah beserta karakteristiknya juga medan atau akses jalan, hingga jaringan seluler.

“Ada beberapa wilayah di Nganjuk ini dengan akses jalan yang sulit, hingga daerah yang tidak memiliki sinyal seluler, ” kata Andik.

Andik menambahkan terkait Data Terpadu Kementerian Sosial, memang biasa ditemukan permasalahan di dalamnya, seperti status yang telah berubah, data yang tumpang tindih hingga menyulitkan dalam penyaluran bantuan agar tepat sasaran.

"Maka dari itu, keberadaan Pejuang Muda ini akan turut serta membantu update DTKS sesuai dengan kondisi teraktual di lapangan, mungkin mereka bisa memulai besok di wilayah Kecamatan Bagor untuk mengawali kegiatannya, ” pungkas Andik.

Jurnalis : Sakera

Editor     : Tiarsin

Kabiro    : Kabupaten NGANJUK

Dinsos Nganjuk Jatim
Tiarsin

Tiarsin

Previous Article

Diduga Keracunan Makanan Pesta Hajatan,...

Next Article

Wujudkan Herd Immunity, Sinergi Kodim 0810...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 76

Postingan Tahun ini: 2844

Registered: May 23, 2021

Afrizal

Afrizal

Postingan Bulan ini: 74

Postingan Tahun ini: 1802

Registered: May 25, 2021

Muh. Ahkam Jayadi

Muh. Ahkam Jayadi verified

Postingan Bulan ini: 72

Postingan Tahun ini: 116

Registered: Aug 19, 2021

Zulfahmi

Zulfahmi

Postingan Bulan ini: 51

Postingan Tahun ini: 712

Registered: Nov 23, 2021

Profle

Iswan Dukomalamo

Kota Tikep Berlakukan Kartu Vaksin Sebagai Syarat Penyebrangan Antar Pulau
Upaya Mencegah Masyarakat Dari Resiko Hukum, Kejati Malut Gelar Kegiatan Penerangan Hukum
Bus Manggarai Indah Trayek Maumere-Ruteng Tertimpa Pohon di Boawae Lima Penumpang Dilarikan ke Puskesmas
Bangunan Senilai 4, 2 Milyar Mangkrak, Ada Temuan  Korupsi

Follow Us

Recommended Posts

Pentingnya Peran Pemuda, Demokrat Banyuwangi Ajak Pemuda Mulai Mengenal Politik
2 Jendral Polwan Salurkan Bantuan Untuk Pengungsi Semeru
Bupati Ponorogo Pastikan Seleksi SKB CPNSD Transparan
Polda Jatim Salurkan Bantuan Kontainer Pendingin kepada RSUD Haryoto
Kapolres Lumajang Terima Bantuan 14 Excavator dan Alat Berat dari Kapolda untuk Proses Evakuasi